Sunday, January 27, 2019

Memahami Perkembangan Anak Sesuai dengan Usianya, Menggunakan Kalkulator AFS


Hi Mommies!!
Kali ini aku mau menulis pengalaman aku mengenai tumbuh kembang Winston. Saat ini Winston sudah berusia 2 tahun 4 bulan. Menurut pengalaman dan sepengetahuan aku, di tahapan usia ini seharusnya anak sudah mulai bisa melakukan beberapa hal, seperti berbicara dengan menggabungkan beberapa kata, makan sendiri, memahami ucapan orang lain, dll. Tapi sampai sekarang, Winston masih belum bisa melakukan hal - hal tersebut. Bukan cuma itu, Winston juga masih belum mau berinteraksi dengan orang lain, selain dengan anggota keluarga inti. Sebenarnya sudah cukup lama aku khawatir mengenai tumbuh kembang Winston. Oleh sebab itu, ketika Winston hampir berusia 2 tahun, aku mulai mengikuti kegiatan (seperti preschool) untuk membantu tumbuh kembang Winston.


Setelah beberapa bulan mengikuti kegiatan tersebut, Winston mulai menunjukkan kemajuan yang cukup pesat. Bener - bener seneng banget liat perkembangannya. Dia sekarang sudah mulai mau berinteraksi dengan teman dan gurunya. Dia juga udah ga nangis lagi saat ditinggal di sekolah. Yang ada malah setiap hari dia ngomong minta ke sekolah. Yup, sekarang Winston uda mulai bisa ngomong. Meskipun masih belum bisa menggabungkan kata dan juga belum terlalu jelas, tapi kata - kata yang diucapkan sudah mulai banyak. Thanks God, good things happened at the first month of 2019. I hope everything will get better this year


Winston's signature pose :P Setiap kali aku suruh dia pose untuk foto, dia sudah bisa memberikan response dan membuat  ekspresi kaya gitu.
Beberapa perkembangan yang dialami Winston membuat aku sangat senang. Tapi sebagai orang tua, tentu saja aku ingin perkembangan yang Winston alami sesuai dengan perkembangan anak seusianya. Beberapa hari yang lalu, aku menemukan website Parenting Club. Jadi Parenting Club adalah website yang dibuat oleh Wyeth. Di dalam website ini terdapat artikel - artikel yang dibagi menjadi 4 kategori : Pra KehamilanKehamilanBayi, dan Anak. Artikel - artikel ini berguna banget untuk membantu aku memahami mengenai tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Selain artikel, di website ini juga terdapat beberapa tools / aplikasi seperti Smart Ovulation CalenderPregnancy Due Date Calculator, dan juga Smart Consultation sesuai dengan kategorinya. Diantara beberapa tools, ada 1 yang sangat menarik dan menurut aku sangat membantu untuk memahami tumbuh kembang si kecil. Tools tersebut adalah Kalkulator AFS (Akal Fisik Sosial).

Home Page Website Parenting Club


Kalkulator AFS adalah alat hitung digital yang berfungsi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang anak anda alami sesuai dengan usianya. Selain untuk mengetahui perkembangannya, pada tahapan akhir anda juga akan diberikan rekomendasi stimulasi untuk meningkatkan perkembangan akal, fisik, dan sosial si kecil. Cara menggunakan kalkulator AFS ini sangatlah mudah. Berikut adalah langkah - langkah yang perlu anda lakukan untuk menggunakan kalkulator AFS:
1. Registrasi / login di website Parenting Club.
2. Buka tools Kalkulator Akal Fisik Sosial pada kategori anak.
3. Masukkan data anak anda yang berupa nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir.
4. Jawab beberapa pertanyaan yang diajukan mengenai kemampuan yang anak anda miliki saat ini.
5. Setelah selesai, anda akan mendapatkan diagram yang berisi persentase kemampuan anak anda, beserta rekomendasi stimulasi untuk meningkatkan kemampuan anak.

Pertanyaan - pertanyaan yang diajukan saat menggunakan kalkulator AFS

Hasil perhitungan kalkulator AFS untuk perkembangan Winston

Diagram kemampuan Winston yang dibagi menjadi 3 bagian : Akal, Fisik, Sosial
WOW!! Simple banget kan?? Aku sendiri udah pernah coba memakai kalkulator AFS untuk mengukur kemampuan Winston. Setelah mendapatkan hasilnya, aku juga mengikuti rekomendasi stimulasi yang diberikan kepada Winston, yaitu untuk meningkatkan perkembangannya dalam bidang sosial. Sesuai dengan rekomendasi dari Parenting Club, aku mencoba menjadi lebih "bawel" dan lebih banyak mengajak bermain dibanding sebelumnya. Awalnya sempet agak kesel juga karena Winston tidak suka bermain dengan blocks. Setiap kali aku ajak untuk menyusun block - block tersebut, yang ada malah dilempar - lempar. Padahal blocks itu sangat bermanfaat untuk melatih perkembangan anak. Tapi demi perkembangan anak, aku mencoba untuk lebih sabar. Dan untungnya, hal tersebut benar - benar berfungsi lho. Dari yang sebelumnya Winston lebih suka berlari - lari ataupun melompat, sekarang dia sudah mau duduk diam, dan bermain menyusun blocks. Itu salah satu hal yang bikin aku jadi makin senang, dan semangat untuk mengajari Winston mengenai hal - hal baru yang berguna untuk tumbuh kembangnya.

Rekomendasi stimulasi untuk Winston di bidang sosial

Rekomendasi stimulasi Winston di bidang fisik

Rekomendasi stimulasi Winston di bidang akal

Yuk Moms, cobain deh pake Kalkulator AFS. Jadi kalian bisa tahu mengenai sejauh mana perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya, dan juga bisa menerapkan rekomendasi stimulasi yang diberikan, dalam kehidupan sehari - hari.


#parentingclubid #KalkulatorAFS Review














No comments:

Post a Comment